Toro Rosso F1 Beruntung Punya Pebalap Eks Jagoan WEC

FAENZA (DP) – Pengalaman Brendon Hartley di ajang World Endurance Championship bersama Porsche merupakan berkah tersendiri bagi tim Formula 1 Toro Rosso.

Direktur Teknis Toro Rosso, James Key, seperti dikutip Autosport, mengatakan keberadaan Hartley di tim yang bermarkas di Faenza, Italia, itu memberikan keuntungan, karena dapat menularkan kepiawaiannya dalam menghemat ban dan bahan bakar.

Hartley memacu Porsche 919 Hybrid LMP1 sejak 2014 hingga 2017, dan memenangi kejuaraan dunia di ajang balap ketahanan itu sebanyak dua kali. Pengalaman itu penting di ajang balap jet darat, terutama tentang bagaimana untuk mencapai performa maksimum kendaraan.

Meski teknologi yang diterapkan pada mesin V6 turbo hybrid di F1 sekarang ini berbeda dengan yang digunakan oleh Porsche, Hartley telah membawa beberapa ide baru mengenai bagaimana menggunakan energi listrik dan mengatur pemakaian bahan bakar dan ban.

Cara menghemat bahan bakar, ban dan cara menggunakan energi adalah hal yang benar-benar baru dan menjadi masukan berharga bagi tim, sehingga tim balap F1 asal Italia ini punya pendekatan baru dengan pebalap.

“Saya rasa ini tak hanya bagus buat Honda sebagai pemasok mesin, tapi bagus untuk tim secara keseluruhan dalam mendapatkan cara pandang yang segar dan unik,” sebut Key.

Sementara itu, Hartley yakin bahwa ia bisa memberikan keuntungan tertentu dalam hal mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. [dp/tgh]

Previous articleMobil Reli Pakai Teknologi Listrik? Tunggu Dulu
Next articleVenom Hadirkan Audio Berkualitas Sound Terbaik di IIMS 2018