Perluasan Sistem Ganjil-Genap Dimulai Minggu ke-4 Juli

JAKARTA (DP) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana memperluas sistem ganjil genap di Jakarta dalam rangka menghadapi perhelatan olahraga se Asia, Asian Games, pada Agustus mendatang.

Perluasan tersebut untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas ‘pesta’ tersebut di Tanah Air. Jika sebelumnya sistem ini sudah berjalan di tiga ruas jalan, akan diberlakukan lagi di beberapa ruas jalan lainnya.

“Perluasan ini untuk memberikan akses kelancaran dan kenyamanan Bagi seluruh aktivitas atlet dan ofisial, serta seluruh kegiatan masyarakat pengguna kendaraan roda empat,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, Sabtu (23/6).

“Ada beberapa cabang olahraga yang akan bertanding sebelum tanggal 18, itu sudah mulai diberlakukan tentang ganjil genap itu diperpanjang waktunya,” tambah Setyo.

Menurut dia, kebijakan itu bisa mengantisipasi kemacetan di Ibu Kota. Ia memastikan kebijakan yang tengah disusun bersama Pemprov DKI itu segera disosialisasikan kepada masyarakat.

“Rutenya sudah ditetapkan, nanti disosialisasikan secara detail sesegera mungkin. Sekarang sedang dirancang inasgoc tentang pengamanannya,” tuturnya.

Disisi lain, Setyo mengatakan keputusan perluasan sistem ganjil genap ini juga diambil untuk mempermudah pergerakan peserta Asian Games menuju lokasi pertandingan.

“Untuk memperlancar pergerakan atlet dan official dari penginapan mereka ke venue-venue bertanding dan kembalinya ke penginapan,” pungkasnya.

Perluasan penerapan sistem ganjil genap bakal diberlakukan di Jalan S. Parman-Gatot Subroto-MT Haryono-DI Panjaitan-Ahmad Yani, dan Simpang Coca Cola atau Perintis Kemerdekaan, Cempaka Putih.

Kemudian di Arteri Pondok Indah, tepatnya Simpang Kartini sampai Simpang Kebayoran Baru, Jalan Rasuna Said dan Jalan Bunyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rapat koordinasi dilaksanakan Minggu ke-1 dan ke-2 Juni 2018. Kemudian sosialisasi dilaksanakan Minggu ke-4 dan ke-5 Juni 2018. Uji coba Minggu ke-1 dan ke-2 pada Juli 2018.

Setelah uji coba akan dilakukan evaluasi pada Minggu ke-3 Juli 2018 dan pelaksanaan pada Minggu ke-4 Juli 2018. Adapun waktu pelaksanaan berlansung selama 15 jam, mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00. [dp/MTH]

Previous articleNekat Melintas JLNT Kasablanka, Denda Berlipat!
Next articleRoyal Enfield Pamerkan Tiga Motor Kustom di Prancis