VW ‘Kodok’ akan Hidup Lagi, Tapi Berpintu 4

WOLFSBURG (DP) – Volkswagen Beetle atau lebih dikenal di Tanah Air sebagai VW Kodok sebenarnya masih beredar tapi sudah di ambang kematian. Namun, raksasa otomotif asal Jerman ini ingin menghidupkan terus sang legenda dengan dilakukan perubahan di sana sini, termasuk jumlah pintu dan dapur pacunya.

Menurut laporan Autocar, Volkswagen kemungkinan akan merilis New Beetle dalam bentuk mobil empat pintu dengan teknologi listrik. Untuk platform yang akan digunakan menopang New Beetle adalah platform anyar racikan VW bernama MEB. Platform ini berkonsep modular, sehingga dapat digunakan pada beragam model kendaraan listrik. MEB juga dapat mengubah sistem penggerak roda Beetle dari depan ke belakang layaknya model VW Kodok lawas.

Beberapa mobil listri baru lansiran VW akan menggunakan platform MEB, termasuk ID hatchback, ID Buzz microbus, ID Crozz, dan kemungkinan sedan listrik berbasis konsep ID Vizzion.

Bos VW, Herbert Diess, dalam beberapa bulan terakhir telah meminta tim desainer untuk melahirkan mobil yang lebih memiliki ’emosi’, dan model pertama yang akan lahir kembali adalah microbus atau di Indonesia sempat kondang dengan sebutan VW Kombi.

Dan New Beetle bertenaga listrik diharapkan akan memiliki emosi seperti yang dituntut Diess, meski proyek tersebut belum mendapatkan lampu hijau dari manajemen puncak.

Sedangkan kepala desain VW, Klaus Bischoff, kepada Autocar mengatakan brand otomotif Jerman itu tengah fokus pada peluncuran model-model kendaraan listrik yang volume penjualannya besar terlebih dulu, sebelum menerapkan desain yang lebih ekspresif seperti New Beetle.

“Mobil-mobil ini memiliki teknologi yang super rumit, dan jika terlalu banyak menerapkan teknologinya, maka itu akan berlebihan. Setelah itu kami akan menggarapa mobil yang lebih eksotis dan memiliki emosi,” ucapnya.

Bischoff menambahkan pihaknya telah menyelesaikan sketsa desain yang bisa diwujudkan menjadi Beetle generasi baru, tapi masih butuh waktu dua hingga tiga tahun lagi sebelum VW memutuskan model tersebut masuk lini produksi. [dp/TGH]

Previous articleWuling Confero Resmi Jadi Armada Taxi Express
Next articleAstra International, Official Prestige Partner Asian Games 2018