Duet Suzuki-Toyota Siap Taklukkan Pasar India


NEW DELHI (DP) – Kolaborasi antara Suzuki dan Toyota sudah mulai ditindaklanjuti dengan rencana pengembangan pabrik untuk produksi bersama beberapa model kendaraan yang akan dipasarkan di India dan mungkin beberapa pasar negara berkembang lainnya.

Menurut laporan DeccanHerald, Suzuki akan berinvestasi US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun di Bengaluru untuk memulai produksi beberapa model kendaraan di pabrik Bidadi milik Toyota Kirloskar Motor (TKM). Kapasitas produksi pabrik tersebut memang belum optimal, sehingga dengan investasi baru ini kapasitas produksi bisa meningkat menjadi 150.000 unit per tahun.

Dana tersebut sebagian akan digunakan untuk memperbaru fasilitas produksi untuk memenuhi standar yang dibutuhkan. Selain itu, Maruti Suzuki (perusahaan patungan Suzuki dengan Maruti di India) akan membawa ekosistem pemasok untuk memangkas proses manufaktur.

Untuk diketahui, pada Mei 2018 lalu, Toyota dan Suzuki mengumumkan kerjasama untuk menggarap beberapa proyek bersama, termasuk pengembangan mesin kompak dan sangat irit bahan bakar. Mesin tersebut akan dikembangkan oleh Suzuki dengan dukungan teknis dari Denso dan Toyota.

Baca juga:  Setelah Tidur Terlalu Lama, Levis Motorcycle Hadirkan Levis V6 Café Racer

Tak hanya itu, kedua produsen mobil asal Jepang itu juga akan berbagi pengetahuan soal teknologi kendaraan listrik. Bahkan Suzuki sudah mengumumkan bahwa pabrik mereka di Gujarat akan memiliki fasilitas pembuatan baterai lithium-ion, yang akan digunakan untuk mobil hybrid.

Di samping pengembangan mesin, Suzuki dan Toyota juga akan berbagi model kendaraan untuk dipasarkan di India dan pasar ekspor. Toyota, yang kesulitan masuk ke segmen kendaraan kompak. Toyota dapat memanfaatkan platform milik Maruti Suzuki, yakni Heartect, sehingga bisa untuk dipakai oleh kendaraan jenis hatchback dan SUV kompak.

Sementara Maruti Suzuki yang tak punya daya cengkeram di segmen SUV premium dan sedan, di mana Toyota cukup kuat di sektor ini. Untuk itu, Maruti Suzuki bisa melakukan studi terhadap platform yang dipakai Innova dan Corolla Altis.

Tak seperti dulu, Maruti Suzuki kini memiliki beberapa gerai premium NEXA yang menawarkan model-model lebih premium. Kedua perusahaan itu akan mengkaji bersama dan mengaplikasikan platform anyar milik Toyota, TNGA, sehingga bisa diterapkan pada model-model SUV premium milik Maruti Suzuki.

Baca juga:  Porsche Macan 2019 Siap Keluarkan 'Cakarnya'

Sejauh ini kedua perusahaan belum berani mengungkap model-model baru apa yang akan digarap bersama. Tapi disebut-sebut produk hasil perkawinan Suzuki-Toyota akan diperkenalkan pada kuartal kedua 2019. [dp/TGH]



WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com