Gaikindo Dukung Penuh Pengembangan Kendaraan Listrik


SERPONG (DP) – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sangat mendukung kebijakan pengembangan industri kendaraan elektrifikasi yang telah dicanangkan pemerintah.

“Untuk tahap awal sebaiknya dikembangkan konsep mobil hybrid dulu, mengingat membutuhkan infrastruktur tambahan,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, kepada pers di Serpong, Kamis (9/8).

Sedangkan produk Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), menurut Nangoi, membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu, saat ini banyak agen pemegang merek (APM) telah memasarkan produk-produk hybrid.

“Sejalan dengan penerapan kebijakan tersebut, biar nantinya konsumen yang menentukan produk mobil elektrifikasi yang akan mereka pilih. Yang harus disiapkan adalah infrastrukturnya untuk mendukung kehadiran produk electrified vehicle itu, ketika harga bahan bakar minyak sudah tinggi dan infratrsuktur memadai, masyarakat pasti akan beralih memakai produk tersebut,” papar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto, mengatakan untuk jangka pendek pihaknya cenderung mengembangkan teknologi PHEV. Meski infrastrukturnya belum terbangun, PHEV lebih efisien, hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga:  Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Dua Kali

“Pengembangan kendaraan elektrifikasi (electrified vehicle) memang butuh tahapan-tahapan. Terkait dengan efisiensi, maka kebijakan ini tidak bisa dilepaskan dari konsep energy security. Kami inginnya full efficiency, sehingga untuk tahap awal cenderung dikembangkan ke Hybrid Plug-In Electric Vehicle,” ujarnya.

Harjanto menambahkan, selain bisa menghemat energi hingga 82%, PHEV juga menjadi kendaraan yang ramah lingkungan karena mampu menurunkan kadar C02 yang signifikan seiring pemerintah menyiapkan infrastrukturnya secara bertahap.

“Selain itu, melihat dari kondisi pasarnya, market juga belum terlampau besar atau masih animo saja, sehingga dibutuhkan infrastruktur pendukungnya, baik untuk industri maupun bagi penggunanya,” tutur Harjanto. [dp/TGH]



WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com