Kendaraan Karya Anak Bangsa ‘AMMDes’, Satu Alat Beragam Manfaat


TANGERANG (DP) – Didukung Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) melalui PT KMW (Kiat Mahesa Wintor) Indonesia, membuat sebuah inovasi kendaraan fungsional untuk masyarakat pedesaan. Kendaraan itu dinamakan AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan).

Sebuah karya anak bangsa, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang mempunyai banyak fungsi untuk masyarakat pedesaaan yang memiliki pekerjaan bertani atau berkebun. AMMdes bisa juga berfungsi sebagai alat angkut hasil panen, alat olah hasil panen/pemecah padi atau menjadi pompa air, tergantung alat mana yang akan disematkan di bagian baknya. Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp70.000.000,- (estimasi).

Presiden Indonesia Joko Widodo setelah membuka pameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2018 pada 2 Agustus lalu, sempat melihat langsung AMMDes dan memberikan apresiasi kepada PT KMWI sebagai pihak yang merancang dan memproduksi AMMDes. Tak hanya itu, Kepala Negara juga menganjurkan masyarakat pedesaan membeli AMMDes dikarenakan banyak fungsinya, guna menunjang pekerjaan di sektor pertanian dan perkebunan di desa desa, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di pedesaan.

Baca juga:  Silvano Raih Podium Teratas di Seri 4 Eshark Rok Cup 2018

Selain AMMDes, tersedia model lain dari Kiat Mahesa Wintor (KMW) Indonesia, yaitu Wintor Cartenz 700 dan Wintor Composter 500.

Wintor Cartenz 700, kendaraan bertipe mesin diesel, kapasitas tangki bahan bakar 9 liter dengan penggerak roda belakang serta memiliki kapasitas bak 700kg, dapat digunakan pada area infield. Dirancang untuk membantu meningkatkan produktivitas panen di perkebunan kelapa sawit.

Wintor Composter 500, kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut tandan buah kosong, memiliki dua bak dengan kapasitas maksimum 250kg setiap baknya. Bak ini dapat dumping ke kiri maupun ke kanan (sistem kupu kupu), yang gunanya untuk menyebar tandan buah kosong/kompos sebagai pemupukan. [dp/Ach]



WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com