Sstt…Nissan Z Generasi Anyar Benar-benar akan Lahir


SYDNEY (DP) – Bicara soal mobil sport berperforma tinggi selalu menarik, apalagi model tersebut populer di kalangan penyuka kecepatan. Selain Toyota Supra yang bikin banyak orang penasaran, rumor soal Nissan 370Z anyar juga sering diperbincangkan.

Memang benar, Nissan 370Z generasi anyar sudah lama dinantikan publik, seperti juga Toyota Supra yang tak kunjung diluncurkan meski prototipenya sudah berseliweran untuk diuji.

Untuk kupe dua tempat duduk dan berpenggerak roda belakang Nissan 370Z yang beredar saat ini, usianya sudah mendekati satu dasawarsa, dan bisa jadi sebagai model sport tertua di dunia yang masih dipasarkan.

Meski rumor seputar rencana kehadiran model terbaru 370Z terus mengemuka dalam beberapa bulan terakhir, tapi soal produksinya tak pernah terungkap sampai akhirnya muncul pernyataan dari bos desain global Nissan, Alfonso Albaisa.

Media otomotif Australia, WhichCar, belum lama ini berhasil mengorek informasi dari Albaisa. Senior Vice President for Global Design di Nissan itu adalah sosok di balik lahirnya konsep Infiniti Prototype 9 dan Infiniti Q Inspiration.

Baca juga:  Toyota akan Lahirkan Hypercar Hybrid Bertenaga 1.000 HP

Albaisa mengaku bahwa tim yang dipimpinnya tengah mengembangkan model Z terbaru dan ia sendiri yang memimpin proyek tersebut.

“Model Z, oh Tuhan. Tekanannya begitu besar. Tapi Anda bisa bayangkan bahwa saya sangat menikmati tekanan ini dan saya pada posisi untuk menggarap proyek ini,” ujarnya.

Di tengah persaingan yang ketat di segmen ini, tentu Nissan tengah sibuk dan fokus untuk menghasilkan penerus dari 370Z yang sudah menua.

WhichCar yakin butuh waktu lama bagi kelahiran Nissan 370Z generasi baru. Tapi waktu paling tepat untuk memperkenalkan model kupe versi teranyar ini adalah ajang Tokyo Motor Show pada Oktober 2019.

Kabarnya, Nissan menggandeng Mercedes-Benz untuk menggarap all new Nissan 370Z. Rumor yang berkembang, Mercedes akan memasok mesin 2.0 liter empat silinder dan mesin 3.0 liter V6 dipinjam dari Infiniti.

Untuk Nissan Z versi atasnya diperkirakan memiliki tenaga di kisaran 400 horsepower, dan ada peluang juga ada versi mesin hybrid-nya.

Baca juga:  Masih Relevankah Gelar GIIAS dan IIMS Saat Ini?

Tapi semua itu masih sebatas rumor, meski menarik juga melihat Nissan dan Mercedes bermitra seperti yang dilakukan Toyota bersama BMW untuk mengembangkan Z4 dan Supra.

Namun yang paling menyenangkan adalah, Nissan Z generasi baru benar-benar akan lahir, bukan lagi sebatas rumor. [dp/TGH]



WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com