Happy Birthday Toyota Yaris!


PARIS (DP) – Sebagai bentuk penghormatan terhadap hatchback Yaris pada hari jadinya ke-20 tahun di Benua Biru, Toyota memperkenalkan varian anyar Y20 untuk jajaran model Yaris 2019.

Perayaan ultah Yaris yang cukup sukses di kategori mobil segmen B Eropa itu dilakukan Toyota di ajang Paris Motor Show 2018 pada 2 Oktober mendatang. Di ajang yang sama pada 20 tahun lalu, yakni Paris Motor Show 1998, Yaris model pertama diperkenalkan kepada publik.

Setelah melalui dua dasawarsa dan melahirkan tiga generasi, Yaris cukup kuat kiprahnya dan menjadi salah satu model terlaris Toyota di Eropa. Model Yaris untuk pasar Eropa diproduksi di pabrik Valenciennes di Perancis.

Model Yaris terbaru ini, yang akan melakukan debut di Paris Motor Show dua pekan mendatang, akan dibuat dengan produksi awal sebanyak 1.998 unit model Launch Edition Y20 yang berlabur warna emas pada bodinya mirip dengan yang digunakan pada Yaris model pertama pada 1998 silam. Bedanya untuk model anyar ini memiliki warna atap abu-abu yang memperlihatkan kombinasi warna kekinian.

Baca juga:  Pingin New Range Rover Sport Diesel? Bisa Saja, Asalkan...

Setelah kelahiran model Launch Edition Y20, Toyota akan melakukan produksi skala penuh untuk model Y20 yang akan masuk ke dalam jajaran model Yaris 2019. Untuk model reguler ini juga akan memiliki warna bi-tone, yang memadukan warna silver, putih atau hitam dengan kelir atap abu-abu.

Aksen warna abu-abu tua mendominasi sisi eksterior untuk membedakan Y20 dengan jajaran model Yaris lainnya. Aksen warna abu-abu tua itu meliputi velg 16 inci berpalang 10, kemudian side moulding, gril depan, rumah spion dan rumah lampu kabut (dengan detail warna krom). Untuk Y20 juga dibekali kaca belakang gelap (dark-tinted rear privacy glass) dan emblem Y20 di bagian buritan.

Tema abu-abu gelap juga menyasar interior, seperti pada konsul tengah, lingkar kemudi dan pelapis tempat duduk. Untuk lubang ventilasi AC berkelir krom satin, yang juga diterapkan pada audio speaker dan pinggiran speedometer serta tuas persneling. Sedangkan karpet hitam dipermanis dengan pinggiran warna silver dan emblem Y20 juga terpasang pada panel instrumen. [dp/TGH]

Baca juga:  Lagi, Toyota Jadi Merek Otomotif Paling Berharga


WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com