Tantang Tesla, Hyundai Siap Perang di Segmen Truk Listrik


RUSSELSHEIM (DP) – Tesla menjadi pabrikan terdepan yang bermain di segmen truk listrik, yang diikuti beberapa pabrikan truk ternama, seperti Mercedes-Benz, Volvo dan perusahaan kendaraan listrik asal Amerika, Nikola. Tak mau ketinggalan, Hyundai siap meramaikan persaingan di segmen ini.

Namun, produk yang akan dirilis Hyundai bukanlah truk listrik murni, melainkan fuel cell hidrogen. Hyundai berharap truk berbahan bakar hidrogen ini akan meluncur di pasar Eropa mulai tahun depan. Bahkan pabrikan asal Korea Selatan ini sudah merilis gambar sketsa dari truk fuel cell yang belum diberi nama ini.

Tak hanya bahan bakarnya yang akan memberi jaminan bagi efisiensi bahan bakar, dari sisi desain, Hyundai merancangnya seefisien mungkin secara aerodinamika. Hyundai mengatakan truk fuel cell rancangannya sangat ramah lingkungan dengan grafis bodi pada bak belakang yang menggambarkan karakter dinamis dari truk ini.

Baca juga:  Kelak Semua Mobil Hyundai Punya Keunikan Sendiri

Tapi yang terpenting adalah bahwa truk fuel cell Hyundai ini sudah bisa mengangkut logistik dan barang di seantero Eropa dalam 12 bulan ke depan. Untuk detailnya, Hyundai akan mengungkapkannya kepada publik pada ajang IAA Commercial Vehicles 2018 expo pada 30 September.

Selain segmen kendaraan listrik komersial, Hyundai juga berniat mengembangkan kendaraan komersial otonom. Bahkan Hyundai belum lama ini telah menyelesaikan perjalanan dengan menggunakan semi truk otonom, dengan prototipe Hyundai Xcient yang sanggup beroperasi sendiri tanpa pengemudi dengan menempuh rute antara Uiwang dan Incheon sambil menarik trailer kargo.

Hyundai menyebut pengujian truk otonom itu sebagai kemajuan teknologi inovatif untuk menatap mobilitas masa depan.

Untuk teknologi fuel cell hidrogen, Hyundai sudah memproduksi dua model kendaraan berbahan bakar hidrogen, yakni iX35 dan new Nexo. Di Amerika Utara, Nexo hanya akan dipasarkan di California, karena negara bagian ini adalah salah satu dari sedikit kawasan di Amerika Utara yang memiliki infrastruktur pengisian hidrogen mencukupi.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pole Position di GP Aragon

Selain Hyundai, Toyota dan Honda juga cukup serius mengembangkan teknologi fuel cell hidrogen. Bahkan Toyota juga siap menyasar segmen kendaraan komersial setelah melakukan pengujian truk berteknologi fuel cell untuk pemakaian di pelabuhan di Amerika Serikat. Tak hanya itu, Toyota juga membenamkan teknologi tersebut pada forklift buatannya. Menarik untuk melihat persaingan di segmen anyar ini. [dp/TGH]



WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com